Pinalti Jorginho Buat Chelsea Kalahkan Aston Villa

By ommed


nusakini.com - Chelsea akhirnya kembali ke jalur kemenangan di ajang Liga Primer Inggris setelah mengentaskan Aston Villa, Senin (27/12) dini hari WIB.

The Blues mesti tertinggal terlebih dahulu gara-gara gol bunuh diri Reece James, tetapi segera membalasnya lewat eksekusi penalti Jorginho.

Romelu Lukaku yang masuk di babak kedua langsung memberi impak dengan membalikkan keadaan, dan Jorginho memastikan kemenangan Chelsea lewat penalti ke-10 yang ia cetak tahun ini di liga, sebuah rekor baru bagi EPL.


Tim tuan rumah unggul terlebih dahulu pada menit ke-28 berkat gol bunuh diri James. Bek kanan Chelsea itu keliru mengantisipasi umpan silang Matt Targett dan malah menyundul bola masuk ke gawangnya sendiri.

Villa menggali lubang kubur sendiri saat Matty Cash melakukan pelanggaran yang gamblang atas Callum Hudson-Odoi di kotak penaltinya sendiri pada menit ke-33. Jorginho yang ditunjuk sebagai eksekutor pun menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Lukaku akhirnya mencetak gol pertamanya sejak 106 hari yang lalu untuk membawa Chelsea membalikkan kedudukan pada menit ke-56.

Hudson-Odoi melayangkan umpan silang jitu yang cuma butuh sedikit sentuhan kepala sang striker untuk menghunjam ke gawang Emiliano Martinez.


Aston Villa terus menggedor Chelsea untuk mencari gol penyama kedudukan, namun Lukaku berkata lain.

Lewat serangan balik, ia membalap Targett dengan kecepatan brilian dan berlari hingga kotak penalti sebelum dilanggar Ezri Konsa.

Wasit kembali menunjuk titik putih, dan Jorginho berhasil menyarangkan penalti untuk membuat skor menjadi 3-1 pada menit ke-93.

Dengan penalti tersebut, Jorginho telah mencetak 10 gol dari titik putih di EPL pada tahun 2021, mengalahkan rekor penalti dalam satu tahun kalender yang sebelumnya dipegang oleh Matt Le Tissier (1994) dan Steven Gerrard (2014) dengan sembilan penalti.

Kemenangan ini memutus rentetan hasil tak maksimal yang dituai The Blues, dan membuat perburuan gelar kian memanas mengingat mereka cuma berjarak enam poin dari pemuncak klasemen Manchester City. (gi/om)